Portal yang Membantu Merdeka Belajar

Apa terlintas ketika mendengar kata "Portal"? Sesuatu yang memiliki penghalang? Penghalang yang membantu untuk merdeka, apakah ada???
Nah sahabat kali ini, saya akan menceritakan pengalaman saya menggunakan Portal Rumah Belajar dengan memanfaatkan salah satu fitur utamanya yaitu Laboratorium Maya pada mata pelajaran Kimia. Saat pandemi COVID-19 memasuki Indonesia segala proses belajar mengajar dilakukan dari rumah. Salah satu kesulitan yang kami hadapi adalah saat belajar materi yang berisi praktikum. Hal tersebut sulit dilakukan karena keterbatasan alat dan bahan yang tersedia di rumah masing-masing. Namun hal tersebut kemudian dapat teratasi dengan adanya Laboratorium Maya pada Portal Rumah Belajar. Setelah memberikan stimulus dan materi awal, saya sedikit menjelaskan cara penggunaan Laboratorium Maya, kemudian peserta didik saya arahkan untuk melakukan praktikum di sana dan terakhir saya minta mereka untuk menjelaskan hasil dari praktikum tersebut.
Portal Rumah Belajar membuat merdeka belajar, bukan? Selain Laboratorium Maya, Portal Rumah Belajar memiliki fitur lain yang juga akan membantu sahabat yaitu, Sumber Belajar di mana sahabat dapat melihat video pembelajaran, web pembelajaran, atau audio pembelajaran yang dikemas menarik. Terdapat Kelas Maya di mana sahabat dapat membuat kelas layaknya kelas pada sekolah, di sana sahabat dapat memberikan tugas dan membuat deadline pengumpulannya ataupun memberikan evaluasi, serta tidak ketinggalan terdapat fitur Bank Soal yang bisa sahabat gunakan atau menjadi referensi sahabat untuk memberikan soal kepada peserta didik.
Berikut ini adalah vlog saya untuk mengenalkan fitur utama yang terdapat pada Portal Rumah Belajar dan implementasi Laboratorium Maya pada mata pelajaran Kimia.
Selain video, saya juga melakukan Sosialisasi mengenai Fitur Utama yang terdapat pada Portal Rumah Belajar dan contoh implementasinya pada pembelajaran. Sebelum melakukan sosialisasi, terlebih dahulu saya dan salah satu SRB yang berasal dari instansi yang sama dengan saya, kami bersama-sama melakukan koordinasi dengan Korwil Dinas Pendidikan Kecamatan Telaga Antang untuk meminta izin serta dukungan untuk kegiatan tersebut. Tatap muka kami pilih karena akses internet yang tidak stabil di daerah tempat kami tinggal.
Setelah itu, kami menghubungi Kepala Sekolah tujuan untuk meminta kesediaan sekolahnya memberikan wadah serta meluangkan waktu mereka untuk kami memberikan sosialisasi. Sosialisasi ini lebih menekankan pada penggunaan Sumber Belajar dan Bank Soal karena sekolah yang kami tuju adalah jenjang SD dan PAUD serta bagaimana mereka dapat memanfaatkannya pada proses belajar mengajar yang saat ini dilakukan dari rumah.
Berikut ini adalah flyer untuk mempromosikan kegiatan yang kami lakukan.
Berikut ini adalah dokumentasi bersama para Bapak Ibu guru dari SDN 1 Tumbang Sangai, SDN 1 Beringin Jaya, SDN 2 Tumbang Sangai, TK Harapan Kita yang telah meluangkan waktunya untuk menerima sosialisasi tersebut.
Berikut ini adalah presensi para Bapak Ibu guru yang telah mengikuti kegiatan sosialisasi ini.
Nah, sekarang giliran Sahabat untuk mengimplementasikan fitur yang terdapat pada Portal Rumah Belajar pada mata pelajaran yang sahabat ampu.
Rumah Belajar: Belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja.

Comments